Hubungan Stres Kerja Dan Tingkat Pendapatan dengan Kinerja Guru SMK Swasta Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan se-Kabupaten Klaten

Narimo, Joko (2015) Hubungan Stres Kerja Dan Tingkat Pendapatan dengan Kinerja Guru SMK Swasta Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan se-Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-joko-narimo-12703251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan antara stres kerja dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta se-Kabupaten Klaten; 2). Hubungan antara tingkat pendapatan dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta se-Kabupaten Klaten; 3). Hubungan antara stres kerja dan tingkat pendapatan dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan se-Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah guru program keahlian teknik kendaraan ringan se-Kabupaten Klaten yang berjumlah 71 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar skala dan lembar angket. Lembar skala digunakan untuk memperoleh data mengenai stres kerja dan kinerja guru. Aspek stres kerja yang diteliti yaitu fisiologis, psikologis dan perilaku. Sedangkan aspek kinerja guru yang diteliti yaitu mutu pekerjaan, kejujuran karyawan, inisiatif, kehadiran, sikap, kerjasama, keandalan, pengetahuan tentang pekerjaan, tanggungjawab, dan pemanfaatan waktu. Lembar angket digunakan untuk memperoleh data mengenai tingkat pendapatan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Tidak terdapat hubungan yang negatif dan signifikan antara stres kerja dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,215; 2). Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat pendapatan dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,276; 3). Terdapat hubungan yang signifikan antara stress kerja dan tingkat pendapatan dengan kinerja guru SMK Swasta se-Kabupaten Klaten Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dengan koefisien korelasi sebesar 0,345.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: stres kerja, tingkat pendapatan, kinerja
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 21 Dec 2022 04:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17281

Actions (login required)

View Item View Item