Anasta, Bunga Sri (2014) PENDEFINISIAN LEMA BINATANG DI DALAM KAMUS BESAR BAHASA INDONESIA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Bunga Sri Anasta 10210141001.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian mengenai pendefinisian lema binatang pada Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa bertujuan untuk mendeskripsikan pola pendefinisian, tipe pendefinisian, dan konsistensi pendefinisian lema binatang yang terdapat dalam Kamus. Subjek penelitian ini adalah lema nama binatang yang terdapat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat, sedangkan objek penelitiannya adalah definisi yang terdapat pada lema binatang di dalam kamus tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument (peneliti sendiri), dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi keempat yang disusun oleh Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa terdapat dua klasifikasi pola definisi, yaitu klasifikasi pola definisi pada genus dan diferensial dan klasifikasi pola definisi pada sinonim. Terdapat tiga tipe definisian lema binatang, yaitu tipe definisi dengan genus dan diferensial dan tipe definisi dengan sinonim. Konsistensi definisi lema binatang ditentukan dari hipernim dan genus yang terdapat pada definisi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pola pendefinisian, tipe pendefinisian, dan konsistensi pendefinisian |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 01:56 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17278 |
Actions (login required)
View Item |