KEPRIBADIAN DAN AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUPERNOVA EPISODE PARTIKEL KARYA DEWI LESTARI (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA)

Nugrahini, Kartika Nurul (2014) KEPRIBADIAN DAN AKTUALISASI DIRI TOKOH UTAMA DALAM NOVEL SUPERNOVA EPISODE PARTIKEL KARYA DEWI LESTARI (TINJAUAN PSIKOLOGI SASTRA). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Kartika Nurul Nugrahini 10210144027.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kepribadian tokoh utama dalam novel Partikel karya Dewi Lestari, (2) konflik yang dihadapi tokoh utama dalam novel Partikel karya Dewi Lestari, dan (3) aktualisasi diri tokoh utama dalam novel Partikel karya Dewi Lestari. Sumber data penelitian ini adalah novel Supernova episode Partikel karya Dewi Lestari yang diterbitkan oleh penerbit Bentang Yogyakarta tahun 2012. Pengumpulan datan dilakukan dengan teknik baca-catat, sedang analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah berupa kategorisasi, tabulasi, interpretasi, dan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh lewat validitas semantik serta reliabilitas intrarater dan reliabilitas interrater. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, kepribadian yang menonjol pada tokoh utama bernama Zarah dalam novel Partikel karya Dewi Lestari adalah cerdas, pemberontak, dan keras kepala. Kepribadian cerdas ditunjukkan dengan wawasan luas, pemikiran kritis, memiliki intuisi yang kuat, dan kebiasaan tokoh Zarah melakukan sesuatu dengan sikap ilmiah. Kepribadian pemberontak ditunjukkan dengan sikap Zarah yang berani berbeda pendapat dengan orang lain. Kepribadian keras kepala ditunjukkan dengan teguh pada tujuan utama, yaitu mencari Firas (ayahnya), memiliki pemikiran yang konsisten, dan teguh pendirian untuk mempertahankan hasil riset Firas (ayahnya). Kedua, konflik batin yang dialami tokoh utama bernama Zarah dalam novel Partikel karya Dewi Lestari adalah keinginan yang tidak sesuai kenyataan dan pertentangan batin. Konflik yang paling utama adalah pelarian Zarah dari kekangan kebudayaan di masyarakat karena perbedaan ideologi. Ketiga, aktualisasi diri pada tokoh Zarah dalam novel Partikel karya Dewi Lestari terdiri dari dua tujuan, yaitu keinginan untuk menemukan Firas (ayahnya) demi menemukan kebenaran asal mula kehidupan di alam semesta dan keinginan menjadi fotografer profesional. Sampai pada akhir cerita, Zarah belum berhasil mengetahui kebenaran ilmu dan asal mula kehidupan di alam semesta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kepribadian, aktualisasi diri, psikologi sastra, novel, tokoh utama
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 21:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17273

Actions (login required)

View Item View Item