Keefektifan Text-Based Approach dalam Meningkatkan Kompetensi menulis Recount dan Hortatory Exposition Text Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo

Habibie, Alvons (2015) Keefektifan Text-Based Approach dalam Meningkatkan Kompetensi menulis Recount dan Hortatory Exposition Text Mahasiswa Semester 6 Pendidikan Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-alvons-habibie-12706251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan text-based approach dan product-based approach (konvensional) pada pembelajaran menulis teks recount dan hortatory exposition text, (2) manakah yang lebih efektif antara text-based approach dibandingkan dengan pembelajaran konvensional (product-based approach) dalam meningkatkan kompetensi menulis teks recount dan hortatory exposition text oleh mahasiswa, dan (3) perbedaan kompetensi menulis teks recount dan hortatory exposition text antara mahasiswa yang diajarkan dengan menggunakan text-based approach dan yang menggunakan product-based approach? Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain pretest-posttest, non-equivalent control group design. Data dikumpulkan melalui tes penugasan menulis dan lembar observasi. Tes diberikan pada dua kelompok pembelajaran menulis, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan text-based approach dan kelompok kontrol yang menggunakan product-based approach. Lembar observasi digunakan untuk mengamati keseluruhan proses pembelajaran menulis recount text dan hortatory exposition text pada kedua kelompok belajar tersebut. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa semester 6 yang terdiri dari tiga kelas yang dipilih dengan menggunakan teknik convenience sampling. Teknik analisis data berupa skor penilaian tulisan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5% dan teknik analisis data berupa hasil lembar observasi dengan menghitung dan mengecek keselurahan item yang terlakasana dan tidak terlaksana. Hasil perhitungan uji-t sampel bebas menunjukkan bahwa t hitung sebesar 2,991 dengan db 33 dan diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p < 0,05. Dari hasil perhitungan uji-t sampel berhubungan diperoleh nilai t hitung adalah -19,908 dengan db 16 dan -25,388 dengan db 17 dan nilai p adalah 0,000. Ini berarti bahwa nilai p lebih kecil dari taraf signifikan (p < 0,005). Jadi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) text-based approach dan product-based approach efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks recount dan hortatory exposition mahasiswa, (2) pembelajaran menulis recount dan hortatory exposition dengan menggunakan text-based approach lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis yang menggunakan product-based approach, dan (3) tidak terdapat perbedaan kompetensi menulis teks recount dan terdapat perbedaan kompetensi menulis teks hortatory exposition antara mahasiswa kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: text-based approach, kompetensi, menulis, recount, hortatory exposition
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2015 00:15
Last Modified: 10 Nov 2022 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17265

Actions (login required)

View Item View Item