Wulan Sari, Retno (2015) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MAHASISWA TINGKAT MENENGAH PROGRAM DARMASISWA UNY DENGAN STRATEGI PETA SEMANTIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
SKRIPSI LENGKAP - PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MAHASISWA TINGKAT MENENGAH PROGRAM DARMASISWA UNY DENGAN STRATEGI PETA ~1.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa mutlak diperlukan, terlebih dalam pembelajaran bahasa asing. Peta Semantik ialah peta yang menunjukkan hubungan makna kata-kata dan hubungan suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata mahasiswa tingkat menengah program Darmasiswa UNY dengan strategi Peta Semantik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan McTaggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah kelas membaca pada mahasiswa tingkat menengah program Darmasiswa di UNY pada tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 12 mahasiswa. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, wawancara, dan tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik dan proses. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini meliputi keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses dilihat dari peningkatan kualitas pembelajaran penguasaan kosakata sedangkan keberhasilan produk didasarkan atas keberhasilan mahasiswa dalam mencapai nilai keberhasilan minimal yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada perubahan sikap positif dalam pembelajaran, baik pada dosen maupun mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan pembelajaran membaca yang menjadi lebih menarik, menyenangkan, dan meningkatkan keaktifan mahasiswa. (2) Pembelajaran membaca dengan strategi Peta Semantik mampu meningkatkan penguasaan kosakata mahasiswa tingkat menengah program Darmasiswa UNY. Nilai rata-rata tes penguasaan kosakata mahasiswa pada tahap pratindakan adalah 48. Skor rerata tes penguasaan kosakata mahasiswa meningkat menjadi 84,4 setelah diberi tindakan pada siklus I. Pada siklus II skor rerata tes penguasaan kosakata mahasiswa meningkat menjadi 90,8.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 00:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 21:31 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17263 |
Actions (login required)
View Item |