TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS ATAS SD NEGERI 2 KANDANGWANGI WANADADI BANJARNEGARA

Ujan Adi Winanto, Adi Winanto (2013) TINGKAT KETERAMPILAN DASAR BERMAIN SEPAKBOLA SISWA PUTRA KELAS ATAS SD NEGERI 2 KANDANGWANGI WANADADI BANJARNEGARA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI..pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Sepakbola merupakan olahraga yang sangat baik untuk perkembangan ketrampilan gerak dasar anak. Namun sering terjadi pelaksanaan teknik yang salah sehingga kemampuan gerak dasar anak berkembang kurang optimal. Hal itu juga disebabkan dari faktor sarana dan prasarana yang kurang. Dari permasalah ini peneliti mempunyai pemikiran untuk melakukan penelitian mengenai tingkat ketrampilan dasar bermain sepakbola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola siswa putra kelas atas SD Negeri 2 Kandangwangi Wanadadi Banjarnegara. Peneletian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan instrument tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putra kelas atas SD Negeri 2 Kandangwangi Wanadadi Banjarnegara yang berjumlah 24 siswa. Metode pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling yang meliputi usia 10-12 tahun yang berjumlah 18 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes keterampilan sepakbola usia 10-12 tahun dari Daral Fauzi R. Untuk mengetahui tingkat keterampilan sepakbola menggunakan enam butir tes, yaitu: 1) dribbling, 2) short pass, 3) throw in, 4) running with the ball, 5) heading, dan 6) shooting at the goal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dasar bermain sepakbola siswa putra kelas atas SD Negeri 2 Kandangwangi Wanadadi Banjarnegara tidak ada yang berkategori baik sekali dan baik, 55,55% berkategori sedang, 38,89% berkategori kurang dan 5,56% berkategori kurang sekali

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 22 Apr 2015 01:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item