PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2014/2015

Elyn Donata, Elyn (2015) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 PLERET TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dari penelitian ini adalah kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret sejumlah 49 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket/kuisioner. Uji coba instrumen adalah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Pleret dengan N= 25. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas mengunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara: 1) Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,831 > rtabel = 0,288; dan thitung = 15,176 > ttabel = 2,012. 2) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,856 >rtabel = 0,288; dan thitung= 16,744 > ttabel = 2,012. 3) Kebiasaan Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, rhitung = 0,894 > rtabel = 0,288; dan Fhitung = 194,309 > Ftabel = 3,200. Penelitian ini menunjukkan sumbangan relatif variabel Kebiasaan Belajar 44,64%; dan Perhatian Orang Tua 55,36%. Sumbangan efektif sebesar 89,4% di mana variable Kebiasaan Belajar 39,9%; dan variabel Perhatian Orang Tua 49,5%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan, keseluruhan hasil analisis mendukung hipotesis yang diajukan. Kata kunci: Kebiasaan Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17254

Actions (login required)

View Item View Item