PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG AKUNTANSI, GAYA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

SELPIA, RIZA OKTIANA (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG AKUNTANSI, GAYA BELAJAR, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Siswa tentang Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 3) Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. 4) Persepsi Siswa tentang Akuntansi, Gaya Belajar,dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta sejumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linieritas dan uji multikolenieritas. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, kedua, dan ketiga, serta teknik analisis regresi ganda untuk hipotesis keempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan rx1y sebesar 0,437; dan r2 x1y sebesar 0,191. 2) Terdapat pengaruh positif Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan rx2y sebesar 0,509; dan r2 x2y sebesar 0,259. 3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015, dengan rx3y sebesar 0,337; dan r2 x3y sebesar 0,114. 4) Terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Akuntansi, Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi dan Keuangan Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015, dengan Ry(1,2,3) sebesar 0,521; dan R2 y(1,2,3) sebesar 0,272. Nilai SR Persepsi Siswa tentang Akuntansi 20,94%; Gaya Belajar 71,83%; Lingkungan Teman Sebaya 7,23%. Nilai SE Persepsi Siswa tentang Akuntansi, Gaya Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya sebesar 27,20%. Kata Kunci: Persepsi Siswa, Gaya Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17248

Actions (login required)

View Item View Item