IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Sri Suryani, Sri (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AKUNTANSI 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatan motivasi belajar siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, (2) meningkatkan penguasaan konsep akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2014/2015 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 25 siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Batik Perbaik Purworejo. Instrumen yang digunakan meliputi: angket motivasi belajar, soal tes penguasaan konsep, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi antara guru dan peneliti. Proses penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yakni: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan, siklus pertama selama 3 jam pelajaran kali 40 menit dan siklus kedua selama 3 jam pelajaran kali 40 menit. Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mampu meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep akuntansi pada siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Batik Perbaik Purworejo. (1) Motivasi belajar meningkat berdasarkan hasil angket. Secara klasikal, siklus I mencapai 79,87% dan siklus II mencapai 80,43%. Secara individu, pada siklus II sebanyak 20 atau 80% siswa memperoleh skor motivasi lebih dari 75%. (2) Penguasaan konsep berdasarkan hasil tes. Peningakatan nilai rata-rata kelas dari pre test ke post test. Siklus I pre test mencapai rata-rata 41,10 dan post test mencapai 85,62. Siklus II pre test mencapai 59,44 dan post test mencapai 95,41. Peningkatan nilai rata-rata post test. Siklus I mencapai rata-rata 85,62 dan siklus II mencapai 95,41. Penguasaan konsep secara individu hingga siklus II yaitu sebanyak 25 atau 100% siswa memperoleh nilai lebih dari KKM (75). Peningkatan nilai rata-rata tiap aspek penguasaan konsep, sebanyak 21 atau 84% siswa mengalami peningkatan aspek mengingat hingga mencapai 95%, 21 atau 84% siswa mengalami peningkatan aspek memahami hingga mencapai 94,29%, 19 atau 76% siswa mengalami peningkatan aspek mengaplikasikan, menganalisis, dan mengevaluasi hingga mencapai 96,10%. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar, dan Penguasaan Konsep Akuntansi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17246

Actions (login required)

View Item View Item