ABSTRAK STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN WISATAWAN DOMESTIK DISBUDPAR KOTA SEMARANG

Permana Nyoman Trisna Yuda, Yuda (2014) ABSTRAK STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN WISATAWAN DOMESTIK DISBUDPAR KOTA SEMARANG. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TA NYOMAN TRISNA YUDA PERMANA-NIM 11410134011.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN WISATAWAN DOMESTIK DISBUDPAR KOTA SEMARANG Oleh: Nyoman Trisna Yuda Permana 11410134011 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana rencana strategis yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam mengembangkan dan memasarkan pariwisata Kota Semarang serta hasil yang telah dicapai dari rencana strategis yang telah dilakukan tersebut. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah pengalaman penulis lewat penelitian yang dilakukan serta dapat memberikan informasi kepada pihak yang memberikan perhatian terhadap dunia kepariwisataan dan perkembangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, studi dokumen, observasi dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana strategis yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang dalam memasarkan pariwisata Kota Semarang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Semarang. Hal ini dapat dilihat dari daftar kunjungan wisatawan terutama tahun 2008 sampai 2012 meningkat rata-rata 10% dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut telah tercapai target pengembangan yaitu meningkatan jumlah kunjungan wisatawan yaitu 10% pertahun. Cara-cara pemasaran yang dilakukan oleh Disbudpar Kota Semarang dalam memasarkan pariwisata Kota Semarang dengan metode analisa produk, analisa pasar dan memberikan kebijakan harga serta melakukan promosi, dan mengikuti even-even pariwisata baik yang diselenggarakan nasional maupun internasional. Kesimpulannya strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang sudah menunjukkan hasil meskipun belum maksimal. Dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke kota Semarang telah tercapai target yaitu peningkatan kunjungan 10% pertahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item View Item