FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KONSUMEN TENTANG INOVASI PRODUK MAKANAN BERBAHAN DASAR UBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Arwachyntia Sabtya Sukma, Chyntia (2014) FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KONSUMEN TENTANG INOVASI PRODUK MAKANAN BERBAHAN DASAR UBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

FAKTOR KUNCI YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KONSUMEN TENTANG INOVASI PRODUK MAKANAN BERBAHAN DASAR UBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA Oleh: Sabtya Sukma Arwachyntia NIM. 10408144010 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi konsumen tentang inovasi produk makanan berbahan dasar ubi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Metode analisis data yang digunakan adalah EFA (Exploratory Factor Analysis). Berdasarkan telaah literatur sebelumnya ditemukan lima dimensi utama yang memengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi makanan inovatif, dimensi tersebut adalah kebaruan dan perubahan, variasi, pengolahan dan teknologi, asal dan etnis serta kemudahan. Berdasarkan dimensi-dimensi tersebut, seperangkat kuesioner dirumuskan. Kuesioner dibagi kepada responden di tiga tempat yakni Kabupaten Bantul, Kabupaten Sleman, dan Kota Yogyakarta dengan menggunakan quota sampling. Survei dilakukan dua kali, yang pertama menggunakan 313 responden dengan 62 item pertanyaan. Setelah dilakukan analisis faktor, pada rotasi terakhir (rotasi keenam) terbentuklah 12 faktor dan 30 item pertanyaan yang dianggap memengaruhi persepsi konsumen tentang inovasi produk makanan berbahan dasar ubi. Nilai KMO-Bartlett keenam adalah 0,636 dengan tingkat signifikansi 0,000. Survei kedua menggunakan 155 responden dengan 30 item pertanyaan terpilih. Kuesioner ini dibagi ke tiga tempat juga. Setelah diolah dengan analisis faktor, rotasi terakhir (rotasi kedua) mengidentifikasi 10 faktor dan 27 item pertanyaan yang dianggap memengaruhi persepsi konsumen tentang inovasi makanan berbahan dasar ubi. Nilai KMO-Bartlett kedua adalah 0,605 dengan tingkat signifikansi 0,000. Setelah dilakukan face validity, terbentuklah empat faktor yakni kebaruan dan perubahan, variasi, pengolahan dan teknologi, dan kemudahan. Kata kunci: Exploratory Factor Analysis, persepsi konsumen, makanan berbahan dasar ubi, inovasi makanan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17207

Actions (login required)

View Item View Item