ABSTRAK PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DAN SISWA REGULER KELAS X DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA 2013

Azizah Juwita, Juwi (2013) ABSTRAK PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DAN SISWA REGULER KELAS X DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA 2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PEMEGANG KARTU MENUJU SEJAHTERA (KMS) DAN SISWA REGULER KELAS X DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA 2013 Oleh: Juwita Azizah NIM. 09404241009 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara siswa pemegang KMS dengan siswa reguler di SMA Kota Yogyakarta. (2) Prestasi dan motivasi belajar antara siswa pemegang KMS dengan siswa reguler di SMA Kota Yogyakarta ditinjau dari segi jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa KMS dan reguler kelas X di SMA N 4, SMA N 7 dan SMA N 10 Yogyakarta sebanyak 121 siswa yang terdiri dari 41 siswa KMS dan 80 siswa reguler. Metode pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah dengan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa di SMA Kota Yogyakarta memiliki tingkat prestasi belajar kategori sedang. Sebanyak 40 siswa (50,0%) dari siswa reguler dan 32 siswa (78,0%) dari siswa KMS dalam kategori sedang. Sebagian besar siswa di SMA Kota Yogyakarta baik siswa KMS sebanyak 40 orang (97,6%) maupun siswa reguler memiliki motivasi belajar siswa dalam kategori sedang yaitu 77 orang (96,2%). Terdapat perbedaan prestasi dan motivasi belajar antara siswa KMS dan siswa reguler. Dibuktikan dengan nilai signifikansi prestasi belajar yang kurang dari 0,05 yaitu 0,000 dengan rata-rata prestasi siswa reguler (79,26) yang lebih tinggi daripada siswa KMS (73,89) dan nilai signifikansi motivasi belajar yang kurang dari 0,05 yaitu 0,031 dengan rata-rata motivasi belajar siswa reguler (77,05) yang lebih tinggi daripada siswa pengguna KMS (74,83). (2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar siswa KMS dengan siswa reguler apabila ditinjau dari jenis kelamin. Dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih besar dari 0,05 yaitu (0,207>0,05). Kata Kunci: siswa KMS, reguler, prestasi, motivasi, jenis kelamin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17203

Actions (login required)

View Item View Item