PENGARUH MINAT BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Ayunitasari, Nita (2014) PENGARUH MINAT BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
AYUNITASARI (10404241013).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENGARUH MINAT BELAJAR, PERHATIAN ORANG TUA DAN BIMBINGAN BELAJAR DI LUAR SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XII DI SMA NEGERI 2 BANTUL Oleh: Ayunitasari NIM. 10404241013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar, perhatian orang tua dan bimbingan belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Ekonomi kelas XII di SMA N 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Variabel penelitian ini adalah prestasi belajar Ekonomi, minat belajar, perhatian orang tua dan bimbingan belajar di luar sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA N 2 Bantul pada tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 112 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,0195. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,033. (3) tidak terdapat pengaruh bimbingan belajar di luar sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai sig. 0,0885. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar, perhatian orangtua dan bimbingan belajar di luar sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 4,389, nilai sig. 0,000 dan nilai R2 sebesar 0,109. Ini berarti 10,9% prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi dijelaskan oleh minat belajar, perhatian orang tua dan bimbingan belajar di luar sekolah. Sedangkan 89,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Prestasi, Minat Belajar, Perhatian Orang Tua.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17201

Actions (login required)

View Item View Item