PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN KECEPATAN PUTAR TERHADAP ADSORPSI ZIRKONIUM SULFAT DALAM RESIN PENUKAR ANION MENGGUNAKAN CONTINUOUS ANNULAR CHROMATOGRAPHY (CAC)

Sulistyowati, Vivi (2012) PENGARUH KONSENTRASI ASAM SULFAT DAN KECEPATAN PUTAR TERHADAP ADSORPSI ZIRKONIUM SULFAT DALAM RESIN PENUKAR ANION MENGGUNAKAN CONTINUOUS ANNULAR CHROMATOGRAPHY (CAC). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak indonesia.doc

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PTAPB-BATAN Yogyakarta dengan tujuan mengetahui pengaruh konsentrasi asam sulfat terhadap proses adsorpsi-desorpsi Zr-sulfat pada resin penukar anion dengan menggunakan CAC dan mengetahui pengaruh kecepatan putar terhadap proses adsorpsi-desorpsi Zr-sulfat pada resin penukar anion dengan menggunakan CAC. Subjek dalam penelitian ini adalah Zr-sulfat dengan objek kadar Zr dan pola adsorpsi-desorpsi hasil proses adsorpsi dan desorpsi Zr-sulfat pada resin Dowex 1-X8 menggunakan CAC. Larutan umpan dalam penelitian ini menggunakan Zr-sulfat dengan kadar Zr 88,5 g/L. Penelitian ini dimulai dengan aktivasi resin dan kalibrasi kecepatan putar lalu dilakukan elusi larutan umpan dengan H2SO4 1, 2, 3 dan 4 M pada kecepatan 75 rpm. Selain itu juga dilakukan elusi larutan umpan dengan H2SO4 1 M pada kecepatan 40, 75 dan 100 rpm. Larutan hasil elusi dianalisis dengan spektrometer X-ray Flourecence (XRF) kemudian dibuat grafik hubungan antara kadar Zr dengan nomor fraksi. Berdasarkan grafik tersebut dapat diketahui pola adsorpsi-desorpsi Zr dalam resin Dowex 1-X8 dengan CAC. Pengaruh konsentrasi eluen H2SO4 terhadap proses adsorpsi Zr pada resin Dowex 1-X8 adalah apabila umpan Zr dielusi dengan eluen H2SO4 1 dan 2 M maka akan terbentuk anion Zr-sulfat yang bermuatan negatif sehingga terjadi adsorpsi Zr dalam resin sedangkan bila dielusi dengan eluen H2SO4 3 dan 4 M akan terbentuk Zr-sulfat yang bermuatan positif atau netral sehingga terjadi desorpsi Zr. Pengaruh kecepatan putar anulus terhadap proses adsorpsi Zr pada resin Dowex 1-X8 adalah semakin besar kecepatan putar anulus maka arah pita dispersi semakin ke kanan sehingga semakin besar kecepatan putar anulus maka adsorpsi semakin kurang efektif karena pita dispersi dimungkinkan akan berhimpit/bercampur kembali. . Kata kunci: CAC, adsorpsi-desorpsi, konsentrasi H2SO4, kecepatan putar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 06:04
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17200

Actions (login required)

View Item View Item