HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN PELAJARAAN 2011/2012

Rusianto, Sodiq Eko (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP CARA MENGAJAR GURU DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SANDEN TAHUN PELAJARAAN 2011/2012. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak ind_Sodiq E.R(08303244041).doc

Download (29kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia, (2) hubungan fasilitas belajar peserta didik dengan prestasi belajar kimia, dan (3) hubungan persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru kimia dan fasilitas belajar peserta didik dengan prestasi belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sanden Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jumlah populasi sebanyak 188 peserta didik dan sampel yang digunakan adalah 125 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru kimia dan fasilitas belajar peserta didik, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang prestasi belajar kimia. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas, uji independensi, dan uji linearitas. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan uji korelasi jenjang pertama, sedangkan untuk pengujian hipotesis ketiga menggunakan korelasi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru kimia dengan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sanden, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 125 pada taraf signifikansi 5% (0,472 > 0,1764), (2) terdapat hubungan positif dan signifikan fasilitas belajar peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sanden, hal tersebut ditunjukkan dari harga r hitung lebih besar dari r tabel dengan N = 125 pada taraf signifikansi 5% (0,323 > 0,1764), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta didik terhadap cara mengajar guru kimia dan fasilitas belajar peserta didik dengan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Sanden, hal tersebut ditunjukkan dari harga F hitung 48,340 lebih besar dari harga F tabel 3,92 dan besarnya koefisien korelasi ganda (R) sebesar 0,665. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,442. Kata kunci : persepsi, fasilitas, prestasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 04:38
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17198

Actions (login required)

View Item View Item