PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF DI SMA KELAS XII IPA SEMESTER I

ndriana, Iin (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF DI SMA KELAS XII IPA SEMESTER I. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Pendidikan Kimia yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sifat koligatif untuk SMA kelas XII IPA semester I dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia SMA. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural, yaitu model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, LKS, dan media powerpoint. Produk awal produk pembelajaran kimia ditinjau oleh 3 orang peer reviewer, kemudian oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media. Kualitas perangkat pembelajaran kimia ditentukan berdasarkan hasil penilaian 5 orang reviewer, yaitu 5 orang guru kimia SMA. Berdasarkan penelitian pengembangan ini dapat dihasilkan produk akhir perangkat pembelajaran sifat koligatif untuk SMA kelas XII IPA semester I. Berdasarkan penilaian 5 orang guru kimia, perangkat pembelajaran sifat koligatif yang terdiri dari RPP, LKS dan media powerpoint termasuk dalam kategori kualitas baik (B). Persentase keidealan tiap komponen berturut-turut adalah 74,667%; 81,667%; dan 77,846%. Kata kunci: pengembangan, perangkat pembelajaran, sifat koligatif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 04:36
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17195

Actions (login required)

View Item View Item