PENGARUH PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA MODAL PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPPKA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2009-2013

Priwikasari, Renidia Dewantri Putri (2014) PENGARUH PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH TERHADAP BELANJA MODAL PADA DINAS PENDAPATAN, PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET (DPPKA) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2009-2013. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TA.PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pajak dan Retribusi Daerah terhadap Belanja Modal pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2009-2013, (2) Tingkat pencapaian realisasi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Belanja Modal tahun 2009-2013, (3) Hambatan dan upaya di lapangan dalam proses pemungutan dan penerimaan pajak dan retribusi daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana, yaitu analisis yang digunakan untuk mengetahui arah hubungan antara variabel independen dengan variabel dependen apakah positif atau negatif. Selain itu analisis ini juga untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap belanja modal. Penelitian ini menggunakan software SPSS 19 untuk mengolah data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pajak Daerah berpengaruh positif terhadap belanja modal. Sedangkan Retribusi Daerah tidak berpengaruh terhadap belanja modal. (2) Tingkat pencapaian realisasi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Belanja Modal tahun 2009-2013 dalam setiap tahun anggaran realisasi Pajak Daerah dan Belanja Modal melebihi target, sedangkan untuk anggaran realisasi Retribusi Daerah untuk item-item tertentu melebihi target, ada beberapa yang tidak. (3) Hambatan dan upaya di lapangan dalam proses pemungutan dan penerimaan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah berbagai peraturan pelaksanaan undang-undang yang seringkali tidak konsisten dengan undang-undang diatasi dengan proses pemahaman mengenai aturan-aturan dalam pemungutan pajak yang lebih ditekankan kepada wajib pajak, kurangnya kesadaran masyarakat akan kewajiban pembayaran pajak diatasi dengan cara dengan melakukan inovasi yang selama ini belum pernah dilakukan contohnya mendekatkan pemungut pajak dan retribusi daerah dengan masyarakat. Kata kunci: Pajak Daerah, Retribusi Daerah, dan Belanja Modal.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 03:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17190

Actions (login required)

View Item View Item