UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA VISUAL SENI MURAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA

Rosdiana Raharja, Alfiani (2015) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA VISUAL SENI MURAL PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Alfiani.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi melalui penggunaan media visual Seni Mural pada siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Yogyakarta. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Media yang digunakan adalah media visual Seni Mural, yaitu lukisan besar yang mendukung ruang arsitektur. Prosedur pelaksanaan dan implementasi penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Data diperoleh menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa kuantitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan sebagai berikut. Pertama, penggunaan media visual Seni Mural dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang tampak pada meningkatnya kualitas proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukkan oleh adanya keaktifan siswa, antusias, dan semangat dari siswa, serta fokus siswa kepada pembelajaran. Kedua, peningkatan secara produk dapat dilihat dari perbandingan skor rata-rata keterampilan menulis puisi siswa pada setiap siklus. Skor rata-rata siswa pada tahap pratindakan adalah 53,83, pada saat siklus I meningkat menjadi 71,91, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,33. Peningkatan skor akhir dari siklus I ke siklus II adalah 1,89. Peningkatan skor akhir tiap aspek penilaian, yakni aspek tema, citraan, diksi, majas, dan amanat dari siklus I ke siklus II adalah 0,77, 0,21, 0,36, 0,25 dan 0,3. Dengan demikian keterampilan menulis puisi siswa kelas VII A SMP Negeri 4 Yogyakarta telah mengalami peningkatan baik secara proses maupun produk setelah diberi tindakan dengan penggunaan media visual Seni Mural.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17187

Actions (login required)

View Item View Item