PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA KARTU DAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2014/2015

Mulyawati, Ristiningsih (2015) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTU MEDIA KARTU DAN METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penerapan antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantu Media Kartu dan Metode Diskusi dalam meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental yang dilaksanakan pada dua materi pokok dan dua kelas. Dalam penelitian ini terdapat kelas eksperimen yang diberi perlakuan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu Media Kartu, kelas kontrol dengan Metode Diskusi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantu Media Kartu lebih meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi siswa dibandingkan dengan Metode Diskusi. Perbedaan yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t untuk Aktivitas Belajar Akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (3,178 > 2,00030). Sedangkan uji-t untuk Hasil Belajar Akuntansi diperoleh nilai nilai thitung > ttabel (4,247 > 2,00030). Selain itu perbedaan Aktivitas Belajar Akuntansi juga dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil observasi sebesar 13% di kelas eksperimen, sedangkan di kelas kontrol hanya sebesar 9%, peningkatan persentase hasil angket di kelas eksperimen sebesar 4%, sedangkan di kelas kontrol hanya sebesar 3%. Rata-rata selisih nilai posttest dan pretest dalam materi I kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 13,75%, di kelas kontrol hanya sebesar 7,03%, sama halnya dalam materi II kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 45,13%, di kelas kontrol hanya sebesar 24,61%. Ketuntasan belajar kelas eksperimen pada materi pokok I terdapat 96,77% siswa yang tuntas, di kelas kontrol hanya sebesar 93,75% siswa yang tuntas. Pada materi pokok II di kelas eksperimen terdapat 93,75% siswa yang tuntas, di kelas kontrol hanya sebesar 75% siswa yang tuntas. Kata kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Hasil Belajar Akuntansi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kartu, Metode Diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Umum > Mata Kuliah Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17179

Actions (login required)

View Item View Item