PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Purwita Sigit Dwi, Sigit (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Sigit Dwi Purwita 10403241040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK 1 SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh : SIGIT DWI PURWITA 10403241040 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Games Tournament (TGT) Siswa Kelas XI Ak 1 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Siswa kelas XI Ak 1 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi aktivitas belajar, catatan lapangan, dan angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Analisis data kuantitatif terdiri dari penilaian Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Team Games Tournament (TGT) dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Ak 1 SMK Batik Perbaik Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata indikator Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa pada siklus I sebesar 68,53% dan siklus II meningkat menjadi 81,47%. Selain itu berdasarkan angket yang telah disebarkan kepada siswa kelas XI Ak 1 SMK Batik Perbaik Purworejo tahun ajaran 2013/2014 menunjukkan peningkatan rata-rata indikator Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa pada siklus I sebesar 74,96% dan siklus II meningkat menjadi 81,06%. Kata Kunci : Team Games Tournament, Aktivitas Belajar Akuntansi, SMK Batik Perbaik Purworejo.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17172

Actions (login required)

View Item View Item