PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP

WIRAWATI, HELENA (2012) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN LARUTAN PENYANGGA DAN HIDROLISIS GARAM DI SMA/MA KELAS XI SEMESTER GENAP. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
abstrak indo.docx

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan pendidikan kimia yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran untuk pembelajaran larutan penyangga dan hidrolisis garam di SMA/MA kelas XI semester genap dan mengetahui kualitas dari perangkat pembelajaran tersebut berdasarkan penilaian reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural, yaitu model yang deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan media powerpoint. Perangkat pembelajaran kimia yang telah dibuat dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga orang peer reviewer, kemudian seorang ahli materi dan ahli media. Masukan yang diberikan selanjutnya menjadi revisi perangkat pembelajaran. Langkah selanjutnya menilaikan perangkat pembelajaran kimia kepada lima orang reviewer yaitu lima orang guru kimia SMA/MA dengan kriteria penilaian yang telah ditentukan. Hasil penelitian pengembangan ini berupa produk akhir perangkat pembelajaran untuk pembelajaran larutan penyangga dan hidrolisis garam di SMA/MA kelas XI semester genap dan telah diketahui kualitasnya. Berdasarkan hasil penilaian lima guru kimia, perangkat pembelajaran larutan penyangga dan hidrolisis garam terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan media powerpoint termasuk dalam kategori kualitas baik (B). Presentase keidealan tiap komponen berturut-turut adalah 82,67%; 81,60%; 82,22% dan 84,92%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 03:47
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item