PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI MANIPULASI AKTIVITAS RIIL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012

Fauziyah, Nuriyatun (2014) PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA MELALUI MANIPULASI AKTIVITAS RIIL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2010-2012. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme good corporate governance yang diukur dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen dan pengaruh leverage secara parsial terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil. Dan pengaruh GCG dengan proksi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen secara simultan terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 23 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2010-2012.Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan linier berganda. Berdasarkan analisir regresi sederhana menunjukkan bahwa (1) Kepemilikan institusional berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi bernilai positif sebesar 0,389, dan nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih rendah dari tingkat signifikansi 5%. (2) Kepemilikan manajerial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi bernilai positif sebesar 0,169, dan nilai signifikansi sebesar 0,430 lebih besar dari tingkat signifikansi 5%. (3) Dewan komisaris independen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas riil. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,050, dan nilai signifikansi sebesar 0,681 lebih besar dari tingkat signifikansi 5%. (4) Leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas rill. Hal tersebut ditunjukkan dengan koefisien korelasi bernilai positif sebesar 0,087, dan nilai signifikasi sebesar 0,476 yang lebih besar dari 0,05. Secara simultan berdasarkan analisis regresi berganda GCG dengan proksi kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba melalui manipulasi aktivitas rill. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (3,941 > 2,36) pada tingkat signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Isroah M,Si. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Leverage, dan Manajemen Laba Melalui Manipulasi Aktivitas Riil
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item