“PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013”

Khasanah Septiyani Nur, Septi (2014) “PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013”. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi Full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

“PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN, DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK PADA KANTOR WILAYAH DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2013” Oleh: Septiyani Nur Khasanah 10412141011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013, (2) pengaruh Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013, (3) pengaruh Kesadaran Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013, serta (4) pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2013. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak, baik wajib pajak orang pribadi maupun wajib pajak badan yang terdaftar pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta yang terdiri dari lima Kantor Pelayanan Pajak. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 139 wajib pajak diacak dan tersebar di kelima Kantor Pelayanan Pajak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster (area) sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengetahuan Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (9,157 > 1,655) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,936. Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (10,449 > 1,655) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,467. Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan dengan t-hitung > t-tabel (7,631 > 1,655) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5% dan koefisien regresi bernilai 0,756. Secara bersama-sama berdasarkan uji simultan Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, dan Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Fhitung > Ftabel (57,233 > 3,91) pada tingkat signifikansi 0,000 < 5%. Kata kunci : Kepatuhan Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Modernisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17166

Actions (login required)

View Item View Item