PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MINYAK BUMI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X

Itsnayni, Muhammad (2013) PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MINYAK BUMI BAGI PESERTA DIDIK KELAS X. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO.docx

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan media audio visual berbasis MPEG-4 pada materi minyak bumi untuk peserta didik kelas X dan mengetahui kualitas media audio visual. Prosedur penelitian diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall yang meliputi tujuh tahapan pengembangan yaitu, (1) perencanaan, (2) pengembangan draf produk, (3) review, (4) merevisi hasil review, (5) validasi produk, (6) penyempurnaan produk akhir, dan (7) diseminasi dan implementasi. Data yang diperoleh adalah data tentang proses pengembangan media dari peer review, ahli materi dan ahli media, serta data kualitas media hasil penilaian 5 guru kimia SMA/MA. Penentuan kualitas media didasarkan pada kriteria penilaian ideal dan persentase kualitas ideal. Hasil penelitian pengembangan media audio visual berbasis MPEG-4 pada materi minyak bumi untuk peserta didik kelas X menggunakan prosedur pengembangan yang diadaptasi dari prosedur pengembangan Borg dan Gall. Berdasarkan data hasil penilaian 5 guru kimia SMA/MA, media audio visual yang dikembangkan mendapatkan skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 109,2 dan berada pada rentang skor kuantitatif X ̅> 100,005 sehingga memenuhi kriteria kualitas sangat baik. Media ini mempunyai kualitas keidealan sebesar 87, 36 %. Kata Kunci: Audio Visual, MPEG-4, Minyak Bumi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 03:26
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item