EVALUASI PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013

Wahyu, Abadiana Anisa (2014) EVALUASI PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK (KPP) PRATAMA YOGYAKARTA PERIODE 2011-2013. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
11409134014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Keefektifan penerimaan PPh Orang Pribadi tahun 2011-2013, (2) Hambatan dan upaya dalam mencapai target penerimaan PPh Orang Pribadi pada KPP Pratama Yogyakarta tahun 2011- 2013. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, karena penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan faktor- faktor yang ingin diketahui dan diamati kemudian dideskripsikan, dengan cara menganalisis pengaruh faktor penerimaan dengan data penerimaan yang akan diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keefektifan penerimaan PPh Orang Pribadi untuk tahun 2011 sebesar 114,52%, tahun 2012 sebesar 82,60% dan tahun 2013 sebesar 70,43%, sehingga untuk tahun 2011 sudah efektif karena sudah mencapai 100% sedangkan untuk tahun 2012 dan 2013 belum efektif karena belum mencapai 100%. (2) Hambatan-hambatan yang dialami oleh KPP Pratama Yogyakarta dalam pencapaian target penerimaan PPh Orang Pribadi adalah Wajib Pajak hanya melaporkan sebagian dari penghasilan yang diterima atau diperoleh, kurangnya kerjasama dengan instansi perusahaan terkait, kurangnya penyuluhan-penyuluhan kepada Wajib Pajak, masih ada Wajib Pajak yang tidak mengerti perpajakan, kesadaran Wajib Pajak mengenai mekanisme perhitungan, pelaporan dan penyerahan pajak penghasilan masih kurang. Upaya yang dilakukan KPP Pratama Yogyakarta untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pencapaian target penerimaan PPh Orang Pribadi yaitu memberikan pengarahan kepada Wajib Pajak, menjalin kerjasama dengan instansi/perusahaan besar, meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat untuk meningkatkan penerimaan pajak penghasilan, pengenalan pajak melalui iklan dan memberikan penjelasan mengenai peraturan-peraturan tentang cara menghitung, melaporkan dan menyetor pajak.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17148

Actions (login required)

View Item View Item