EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SCRAMBLE SEBAGAI LATIHAN SOAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013

PURWATI, DESI (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SCRAMBLE SEBAGAI LATIHAN SOAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
EFEKTIVITAS PENERAPAN MEDIA PERMAINAN SCRAMBLE SEBAGAI LATIHAN SOAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SANGGAU LEDO.docx

Download (14kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara motivasi belajar kimia siswa kelas X sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble sebagai latihan soal. (2) perbedaan antara motivasi belajar kimia siswa kelas X yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble dengan siswa yang tidak menggunakan scramble sebagai latihan soal. (3) perbedaan antara prestasi belajar kimia siswa kelas X yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble dengan siswa yang tidak menggunakan scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo Kabupaten Bengkayang tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 193 siswa dan dibagi dalam 6 kelas. Sampel penelitian sebanyak 63 siswa dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas kontrol melaksanakan pembelajaran tidak menggunakan media permainan scramble sebagai latihan soal, sedangkan kelas eksperimen melaksanakan pembelajaran menggunakan media permainan scramble sebagai latihan soal. Data yang diperoleh dari hasil penelitian berupa: (1) data pengetahuan awal kimia, (2) data motivasi sebelum dan sesudah pembelajaran, serta (3) data prestasi belajar kimia. Data motivasi belajar kimia dianalisis dengan uji-t sedangkan data prestasi belajar kimia dianalisis secara anakova dengan data pengetahuan awal siswa sebagai variabel kendali. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa kelas X sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble sebagai latihan soal. (2) tidak ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar kimia siswa kelas X yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble dengan siswa yang tidak menggunakan scramble sebagai latihan soal. (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia siswa kelas X yang melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan scramble dengan siswa yang tidak menggunakan scramble sebagai latihan soal, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik Kata kunci : scramble, motivasi, prestasi, dan SMA Negeri 1 Sanggau Ledo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 21 Apr 2015 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item