PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL KEPERILAKUAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA YOGYAKARTA

Putri Layli Yobapritika, Layli (2014) PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL KEPERILAKUAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (24MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SIKAP, NORMA SUBJEKTIF, DAN KONTROL KEPERILAKUAN YANG DIPERSEPSIKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KOTA YOGYAKARTA Oleh: Layli Yobapritika Putri 12812147002 ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Sikap terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; (2) Pengaruh Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; (3) Pengaruh Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta; dan (4) Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha UMKM yang terdaftar di Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Yogyakarta. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 80 responden. Metode pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji coba instrumen menggunakan 30 responden yang ada di dalam populasi yang bukan merupakan sampel penelitian. Uji validitas menggunakan total correlation, sedangkan uji reliabilitas menggunakan cronbach alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x1y) sebesar 0,413 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Norma Subjektif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x2y) sebesar 0,452 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai r(x3y) sebesar 0,461 dan nilai signifikansi lebih kecil dari level of significant (0,000 < 0,050); (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Sikap, Norma Subjektif, dan Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan secara bersama-sama terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Ry(x1x2x3) sebesar 0,586 dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada level of significant (0,000 < 0,050). Kata kunci : Sikap, Norma Subjektif, Kontrol Keperilakuan yang Dipersepsikan, Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17142

Actions (login required)

View Item View Item