ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KREDIT MACET PADA PD BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BKK PURWOREJO PERIODE TAHUN 2012-2013

Novira Restu Wiji, Novi (2014) ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KREDIT MACET PADA PD BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BKK PURWOREJO PERIODE TAHUN 2012-2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENGENDALIAN KREDIT MACET PADA PD BANK PERKREDITAN RAKYAT (BPR) BKK PURWOREJO PERIODE TAHUN 2012-2013 Oleh : RESTU WIJI NOVIRA 11409134067 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) faktor-faktor penyebab kredit macet pada PD BPR BKK Purworejo, (2) teknik-teknik pengendalian yang digunakan pada PD BPR BKK Purworejo dalam mengatasi masalah kredit macet, (3) efektivitas pengendalian kredit macet yang dilakukan PD BPR BKK Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dipergunakan adalah Laporan Kualitas Aktiva Produktif PD BPR BKK Purworejo tahun 2012-2013. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu pemilihan data dan pengambilan kesimpulan untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) faktor-faktor yang menyebabkan kredit macet pada PD BPR BKK Purworejo terdiri dari faktor eksternal, seperti kegagalan usaha, adanya debitur PNS yang dinonaktifkan dan musibah (misalnya : kebakaran dan bencana alam) sedangkan faktor internal, yaitu faktor penyebab yang berasal dari pihak bank itu sendiri, misalnya kesalahan petugas bank dalam menganalisa calon debitur, kurang jelinya petugas bank dalam melakukan survey jaminan kredit, kurangnya pengawasan/monitoring kreditdanadanyahubungankeluargaantarakaryawan bank dengancalondebitur (2) teknik-teknik pengendalian yang digunakan pada PD BPR BKK Purworejo dalam mengatasi masalah kredit macet terdiri dari teknik pengendalian prefentif, misalnya : penyeleksian debitur dan penilaian kredit sedangkan tekinik pengendalian represif misalnya dengan cara melalui pemberian surat tagihan 1,2, dan 3, negosiasi antara pihak bank dengan debitur, penyerahan hak penagihan piutang kepada badan-badan resmi yang tercatat secara yuridis berhak menagih piutang dan penagihan kredit macet pada balai harta peninggalan (BHP). (3) Hasil dari teknik-teknik pengendalian yang digunakan PD BPR BKK Purworejo mampu menurunkan presentase kredit macet yaitu pada tahun 2012 Semester I 10,90% sedangkan Semester II sebesar 9,03%, Tahun 2013 Semester I sebesar 8,85% sedangkan Semester II sebesar 8,62%. Kata Kunci : Pengendalian, KreditMacet.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:42
Last Modified: 29 Jan 2019 21:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item