IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014

Trimah, Imah (2014) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_TRIMAH .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN SISWA KELAS XI IPS 3 SMA NEGERI 1 WATES TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh: TRIMAH 10403244043 ABSTRAK Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) atau yang biasa disingkat dengan PTK. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif atau bekerja sama dengan guru mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS 3 di SMA N 1 Wates. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada Materi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Wates Tahun Ajaran 2013/2014 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Wates Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat komponen kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian pada siklus I, II, dan III masing-masing terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dengan menggunakan tes dan instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi pada materi Jurnal Penyesuaian Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Wates Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan Prestasi Belajar Akuntansi dengan rata-rata nilai post-test siklus I adalah 77,12 meningkat menjadi 96,29 pada post-test siklus II dan pada post-test siklus III rata- rata nilai meningkat menjadi 99,63. Pada siklus I 17 siswa atau 62,96%siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II 25 siswa atau 92,59% telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan pada siklus III sebanyak 27 siswa atau 100% siswa telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17130

Actions (login required)

View Item View Item