PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERAKTIF GURU DENGAN SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Wulandari Latifah, Latif (2013) PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERAKTIF GURU DENGAN SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL INTERAKTIF.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

PELAKSANAAN KOMUNIKASI INTERAKTIF GURU DENGAN SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA Oleh: Latifah Wulandari 09402244024 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pelaksanakan komunikasi interaktif guru dengan siswa pada Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi di SMK N 1 Yogyakarta, baik dilihat dari pelaksanakan komunikasi interaktif, hambatan yang dihadapi, serta upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan komunikasi interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, informan kunci adalah guru Standar Kompetensi Melakukan Prosedur Administrasi dan siswa kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran. Sedangkan informan pendukungnya adalah Kepala Sekolah dan Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK N 1 Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bahwa unsur-unsur atau komponen pelaksanakan komunikasi interaktif mencakup : guru sebagai komunikator, materi pelajaran sebagai pesan atau informasi, siswa sebagai komunikan, media/alat pembelajaran, respon atau umpan balik (feedback). Pelaksanakan komunikasi interaktif yang dilakukan dapat dilihat dari bentuk dan pola komunikasi yang dijalankan. Beberapa hambatannya yakni : (1) Hambatan dari guru : penyampaian informasi dari guru masih kurang bervariasi, kurangnya interaksi yang dilakukan guru dengan siswa, kurang jelasnya informasi yang diberikan guru pada siswa. (2) Hambatan dari siswa : siswa kurang merespon informasi dari guru dengan baik, daya tangkap siswa dalam menyerap materi/informasi kurang maksimal, siswa salah menafsirkan informasi yang disampaikan dari guru, perhatian siswa yang bercabang. (3) Hambatan dari media :keterbatasan media LCD dan penggunaan media belum optimal. Upaya untuk mengatasinya : (1) Usaha dari guru :menggunakan bahasa yang sederhana, memberikan motivasi, pengulangan, dan memahami karakteristik siswa. (2) Usaha dari siswa :memperhatikan saat guru menyampaikan informasi atau materi pembelajaran, lebih sering berkomunikasi dengan guru, mendengarkan secara efektif, meningkatkan respon atau umpan balik, percaya diri dan tidak malu bertanya, menjaga ketenangan kelas, diskusi dengan teman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan komunikasi kelas dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X Kompetensi Keahlian Adinistrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal. Kata kunci : Komunikasi Interaktif, Melakukan Prosedur Administrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17117

Actions (login required)

View Item View Item