PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Mutrohmah Nur, Nur (2013) PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

PERSEPSI SISWA TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU STANDAR KOMPETENSI MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA Oleh: Nur Mutrohmah NIM. 09402244035 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar guru Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Yogyakarta. Untuk mengetahui persepsi siswa maka permasalahan dibatasi melalui sub variabel yaitu : 1) Keterampilan membuka dan menutup pelajaran. 2) Keterampilan menjelaskan. 3) Keterampilan bertanya. 4) Keterampilan memberikan penguatan. 5) Keterampilan mengadakan variasi gaya mengajar, media dan pola interaksi. 6) Keterampilan mengelola kelas. 7) Keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar meliputi aspek-aspek yang diteliti yaitu: 1) keterampilan membuka dan menutup pelajaran tergolong baik dengan hasil rata-rata 2,52. 2) keterampilan menjelaskan tergolong baik dengan hasil rata-rata 2,56. 3) keterampilan bertanya tergolong baik dengan hasil rata-rata 2,57. 4) keterampilan memberikan penguatan tergolong tidak baik dengan hasil rata-rata 2,48. 5) keterampilan mengadakan variasi tergolong tidak baik dengan hasil rata-rata 2,49. 6) keterampilan mengelola kelas tergolong baik dengan hasil rata-rata 2,55. 7) keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil tergolong tidak baik dengan hasil rata-rata 2,44. Hasil rata-rata persepsi siswa terhadap keterampilan dasar mengajar seluruhnya yaitu 2,52. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa Persepsi Siswa terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Guru Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi termasuk kategori baik. Kata Kunci: Persepsi, Keterampilan Dasar Mengajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17115

Actions (login required)

View Item View Item