EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2013

Sudrajat Imam Aziz, Aziz (2013) EVALUASI SISTEM AKUNTANSI PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI JAMINAN HARI TUA PADA PT. JAMSOSTEK (PERSERO) CABANG YOGYAKARTA TAHUN 2013. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Tugas Akhir Full.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Hari Tua Pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta Tahun 2013, (2) Mengetahui Evaluasi terhadap Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Hari Tua Pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta Tahun 2013. Objek penelitian ini adalah Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jamian Hari Tua pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Adapun metode yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan membandingkan antara teori yang ada dengan kenyataan yang sebenarnya pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta dalam bentuk uraian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Hari tua yang terdapat pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta sudah memadai ditunjukan dengan adanya: a) Bagian yang terkait Costumer service officer, bagian Verifikator jaminan, Verifikasi akuntansi,bagian keuangan dan bagian kasir, b) dokumen yang digunakan: Permintaan Jaminan Hari Tua, Penetapan Jaminan, bukti pembayaran,voucher, cek dan nota transfer jika jumlah uang ditransfer, c) Catatan akuntansi: bukti pengeluaran kas dan general ledger, d) pelakasanaan prosedur pengeluaran kas: prosedur pengajuan jaminan, prosedur penetapan jaminan, prosedur pembuatan bukti kas keluar, voucher,pencatatan pengeluaran kas, prosedur pembuatan cek dan nota transfer jika jumlah uang ditransfer dan prosedur pembayaran tunai maupun trasfer, e) Sistem pengendalian intern pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta sudah memadai dan baik sesuai kajian teori. Adapun kriteria penilaian dapat dilihat dari ; Struktur organisasi pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta sudah memenuhi kriteria yang baik karena sudah memisahkan tanggungjawab dan fungsional, Sistem wewenang dan pencacatan prosedur pencacatatn sudah memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan perusahaan, Praktik yang sehat telah dijalankan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi tiap-tiap bagian dalam Sistem akuntasi Pembayaran Klaim Asuransi Jaminan Hari Tua Pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta, karyawan yang sesuai dengan bidang dan tanggung jawab telah dijalankan dengan baik oleh perusahaan. (2) Hasil evaluasi pada PT. Jamsostek (Persero) Cabang Yogyakarta telah sesuai dengan kajian teori dan berjalan dengan baik. Kata kunci : Sistem Akuntansi Pembayaran Klaim Asuransi.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17105

Actions (login required)

View Item View Item