IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH KRETEK TAHUN AJARAN 2012/2013

Nurhidayati Isni, Isni (2013) IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH KRETEK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
ISI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI TEKNIK PEMBELAJARAN PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI 3 SMK MUHAMMADIYAH KRETEK TAHUN AJARAN 2012/2013 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi pada standar kompetensi mengelola kartu aktiva tetap pada siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping). Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 3 SMK Muhammadiyah Kretek Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan partisipatif dan tes. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran dapat meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa pada setiap siklusnya. Hasil Belajar Akuntansi aspek kognitif meningkat sebanyak 0,55 poin dari hasil belajar siklus I sebesar 17,83 menjadi 18,38 di siklus II. Ketuntasan belajar juga meningkat sebesar 6,89% dari peningkatan ketuntasan belajar siklus I sebesar 68,97% menjadi peningkatan ketuntasan belajar siklus II sebesar 75,86%. Persentase Hasil Belajar aspek afektif mengalami peningkatan sebesar 10,69% dari hasil belajar siklus I sebesar 64,83% menjadi 75,52% di siklus II. Nilai afektif perindividu juga mengalami peningkatan hasil penelitian menunjukkan ketercapaian Presentase Hasil Belajar aspek afektif siswa dengan kategori Sangat Tinggi dan Tinggi pada siklus I sebesar 48,27% atau sebanyak 14 siswa mengalami peningkatan sebesar 37,94% menjadi 86,21% atau sebanyak 25 siswa pada siklus II. Kata kunci: Teknik Pembelajaran Pemetaan Pikiran (Mind Mapping), Kompetensi Mengelola Kartu Aktiva Tetap, Hasil Belajar Akuntansi Aspek Kognitif dan Afektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 21:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17103

Actions (login required)

View Item View Item