EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PELAPORAN SPT MASA PPN BAGI PKP JENIS USAHA JASA DAN PERDAGANGAN TAHUN 2011-2012 DI KANTROR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA

Suswati Desti Fajar, Desti (2013) EVALUASI TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM PELAPORAN SPT MASA PPN BAGI PKP JENIS USAHA JASA DAN PERDAGANGAN TAHUN 2011-2012 DI KANTROR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA. D3 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
DESTI FAJAR SUSWATI.pdf

Download (51MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kepatuhan PKP jenis usaha jasa dan perdagangan dalam penyampaian laporan SPT Masa PPN, (2) kendala apa saja yang mempengaruhi penyampaian laporan SPT Massa PPN jenis usaha jasa dan perdagangan, (3) solusi agar kepatuhan Pengusaha Kena Pajak dalam menyampaikan SPT Massa PPN jenis usaha jasa dan perdagangan semakin meningkat. Metode Penelitian: Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara dan dokumentasi. Metode Penelitian dengan menggunakan metode analisis diskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Metode Analisi diskriptif kuantitatif, metode dengan rumus statistik yaitu berkaitan dengan Pengusaha Kena pajak yang aktif dan SPT Masa PPN jasa dan dagang yang telah disampaikan Tahun 2011-2012. Metode Analisi deskriptif kualitatif yaitu memberikan kejelasan pelengkap mengenai upaya peningkatan kepatuhan PKP dalam pelaporan SPT Masa PPN. Hasil Penelitian: Pelaporan SPT Masa PPN untuk usaha jasa dan perdagangan Tahun 2012, dimana jenis usaha perdagangan mengalami peningkatan Tahun 2011 rasio kepatuhan 53,22%, Tahun 2012 naik dengan rasio kepatuhan 72, 04%. Sedangkan jasa mengalami penurunan dari Tahun 2011 75%, pada tahun 2012 turun dengan rasio kepatuhan 69,8%. Hambatan yang terjadi dalam Pelaporan SPT Masa PPN: Keterbatasan data, Kesulitan dalam pengisian SPT Masa PPN, Prosedur Pelaporan yang rumit, Sibuk, lupa. Langkah untuk mengatasi hambatan pelaporan dengan sosialiasi, melapor melalui e-Filing, menerbitkan STP. Kata Kunci : Pelaporan, Kepatuhan, SPT.

Item Type: Thesis (D3)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Diploma 3 (D3) > D3 Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 22 Apr 2015 00:43
Last Modified: 29 Jan 2019 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17100

Actions (login required)

View Item View Item