EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR-UNSUR DASAR TARI SISWA KELAS X SMK N 2 WONOSARI

Iis Tatoatun, Iis (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR-UNSUR DASAR TARI SISWA KELAS X SMK N 2 WONOSARI. S1 thesis, Universitas negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menggunakan metode Problem Based Learning dan hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran unsurunsur dasar tari, dan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran unsur-unsur dasar tari siswa kelas X SMK N 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode Problem Based Learning. Metode Problem Based Learning ini dijadikan sebagai perlakuan untuk kelas eksperimen, sementara pada kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Sedangkan untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t perbedaan rata-rata skor. Hal itu dilakukan setelah data diuji prasyarat analisi menggunakan Shapiro Wilk untuk uji normalitas data dan menggunakan uji One Way Anova untuk uji homogenitas data. Hasil penelitian yang dilakukan menggunakan SPSS ini menunjukkan bahwa, a) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode Problem Based Learning dan yang diberi pembelajaran tanpa metode Problem Based Learning, yang dalam hal ini adalah pembelajaran dengan metode ceramah (konvensional). Dari perhitungan diperoleh thsebesar 2.849 dengan df 62 dan nilai p sebesar 0,006. Dengan demikian, hipotesis alternatif pertama diterima. b) dari hasil perhitungan skor pretes dan postes kelas kontrol diperoleh th sebesar 9.036 dengan db 62 dan p sebesar 0,000, sedangkan pada kelompok eksperimen th sebesar 10.442 dengan df 62 dan p 0,000. Kelompok kontrol pada pretes memiliki rata-rata skor sebesar 16.21 dan pada saat Postes sebesar 21.93 sehingga gain yang diperoleh adalah sebesar 5.7 (21.93-16.21). Sedangkan kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor saat pretes sebesar 16.37dan postes sebesar 23.78 sehingga gain score yang didapat sebesar 7.4 (23.78-16.37). Berdasarkan perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif kedua diterima, dan metode Problem Based Learning yang dilakukan pada kelas eksperimen efektif digunakan dalam pembelajaran Unsurunsur dasar tari pada siswa kelas X SMK N 2 Wonosari.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Problem Based Learning, hasil belajar unsur-unsur dasar tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 07:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17088

Actions (login required)

View Item View Item