HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERAPRESIASI DAN TINGKAT KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI ANGKATAN 2012 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Ika Kusumandari, Ika (2015) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERAPRESIASI DAN TINGKAT KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TATA BUSANA MAHASISWA PENDIDIKAN SENI TARI ANGKATAN 2012 FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UTUH IKA KUSUMANDARI..pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara kemampuan berapresiasi dan tingkat kreativitas terhadap hasil belajar tata busana mahasiswa Pendidikan Seni Tari angkatan 2012 FBS UNY. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Seni Tari kelas M dan N angkatan 2012 FBS UNY. Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi berganda. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (H1) Kemampuan Berapresiasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini dibuktikan dengan Kemampuan Berapresiasi mempunyai koefisien regresi sebesar 0,289. Selanjutnya hasil analisis uji t pada tabel menunjukkan nilai thitung sebesar 3,707 dengan probabilitas 0,002. Nilai probabilitas 0,002 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pengaruh antara X1 terhadap Y sebesar 0,462 atau 46,2%. (H2) Tingkat Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Hal ini dibuktikan dengan Tingkat Kreativitas mempunyai koefisien regresi sebesar 0,253. Selanjutnya hasil analisis uji t pada tabel menunjukkan nilai thitung sebesar 3,341 dengan probabilitas 0,003. Nilai probabilitas 0,003 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pengaruh antara X2 terhadap Y sebesar 0,424 atau 42,4%. (H3) Kemampuan Berapresiasi dan Tingkat Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar. Hal ini dibuktikan bahwa hasil rxy sebesar 0,841, R2 sebesar 0,707 atau 70,7% dan tingkat regresi Y = 42,525 0,233 X1 0,199 X2. Nilai probabilitas 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 18,089 > 2,1098 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan pengaruh antara X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y sebesar 0,707 atau 70,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berapresiasi, tingkat kreativitas, hasil belajar
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 06:54
Last Modified: 29 Jan 2019 21:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17081

Actions (login required)

View Item View Item