PENGARUH SUHU PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTER BIODIESEL HASIL SINTESA DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa Linn)

Noviartara, Arief (2013) PENGARUH SUHU PROSES TRANSESTERIFIKASI TERHADAP KARAKTER BIODIESEL HASIL SINTESA DARI MINYAK BIJI KETAPANG (Terminalia catappa Linn). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
Abstrak Indonesia.docx

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter biodiesel yang dihasilkan pada berbagai variasi suhu, meliputi massa jenis, viskositas, titik tuang, titik kabut, titik nyala, dan kalor pembakaran. Serta untuk mengetahui pengaruh suhu pada proses transesterifikasi untuk mendapatkan biodiesel dari minyak biji ketapang yang sesuai dengan SNI. Biji ketapang yang digunakan berasal dari wilayah Karangmalang, Sleman Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah minyak biji ketapang. Objek dalam penelitian ini adalah karakter biodiesel hasil sintesa dari minyak biji ketapang. Metode yang digunakan dalam pengambilan minyak adalah ekstraksi dengan menggunakan pelarut n-heksana. Jenis alkohol yang digunakan pada transesterifikasi adalah metanol dengan perbandingan volume minyak : metanol adalah 5:1. Jenis katalis yang digunakan adalah NaOH sebanyak 0,5% terhadap jumlah minyak. Variabel bebas dalam penelitan ini adalah suhu, dengan variasi : 30, 50, dan 70oC untuk biodiesel BA, BB, dan BC dengan lama pengadukan selama 45 menit . Biodiesel yang diperoleh dianalisis menggunakan FTIR dan diuji parameternya meliputi massa jenis, viskositas, titik tuang, titik kabut , titik nyala, dan kalor pembakaran. Hasil uji parameter menunjukkan bahwa biodiesel BC memiliki karakter yang sudah memenuhi SNI dengan massa jenis sebesar 853,7 kg/m3, viskositas sebesar 3,5957 cSt, titik tuang sebesar 5oC, titik kabut sebesar 15oC, titik nyala sebesar 104oC dan kalor pembakaran sebesar 8691,181 kal/g. Kata kunci : minyak biji ketapang, transesterifikasi , biodiesel

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 20 Apr 2015 06:22
Last Modified: 29 Jan 2019 21:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17070

Actions (login required)

View Item View Item