KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG BERSERTIFIKASI DI SD NEGERI BUTUH KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO

Dhian Kurniawan, Dhian Kurniawan (2014) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN YANG BERSERTIFIKASI DI SD NEGERI BUTUH KECAMATAN LENDAH KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Dhian Kurniawan_10604224025.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya guru dalam menciptakan pembelajaran pendidikan jasmani berdasarkan empat kompetensi yang sudah ditentukan pemerintah di SD Negeri Butuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa optimal kompetensi pegagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang sudah bersertifikasi pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumen. Responden atau informan dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru penjasorkes dalam KKG dan kepala sekolah serta sebagian siswa kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Butuh. Penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi keprbadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SD Negeri Butuh belum optimal. Dilihat dari kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani dalam mengelola pembelajaran dan memberikan materi ketika pembelajaran belum sesuai dengan acuan RPP dan silabus, serta pemanfaatan sarana fasilitas, dan prasarana pendidikan jasmani belum sepenuhnya dilakukan. Dilihat dari kompetensi kepribadian guru pendidikan jasmani belum memiliki dan mencerminkan keribadian yang dapat menjadi teladan bagi siswa. Dilihat dari kompetensi sosial guru pendidikan jasmani belum begitu maksimal dalam besosialisasi dengan siswa, sesama pendidik, wali murid serta masyarakat supaya pembelajaran dapat tercapai sesuai tujuan yang ditetapkan. Dilihat dari kompetensi profesional guru pendidikan jasmani belum sepenuhnya menguasai konsep, materi, teknik-teknik dalam bidang olahraga, selain itu latar belakang pendidikan guru pendidikan jasmani tidak asli dari pendidikan keolahragaan melainkan dari SPG (sekolah pendidikan guru) dan hanya menempuh program A (percepatan) selama tiga bulan untuk dapat beralih profesi menjadi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 20 Apr 2015 05:56
Last Modified: 29 Jan 2019 21:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17069

Actions (login required)

View Item View Item