FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH DASAR GERAK RENANG MAHASISWA S1 PGSD PENJAS FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2009/2010

Aji Hartono, Aji Hartono (2015) FAKTOR KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH DASAR GERAK RENANG MAHASISWA S1 PGSD PENJAS FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN AKADEMIK 2009/2010. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Aji Hartono - NIM. 09604221046.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar mata kuliah dasar gerak renang PGSD Penjas perlu diperhatikan. Dalam mata kuliah dasar gerak renang ini masih ada mahasiswa program studi S1 PGSD Penjas tahun akademik 2009/2010 yang tidak lulus dan harus menempuh mata kuliah ini pada semester berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang apa faktor-faktor kesulitan belajar mata kuliah dasar gerak renang dan berapa presentasenya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuisioner dengan validitas sebesar 0,378 dan reliabilitas 0,910. Teknik analisis data menggunakan cara deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam persentase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 PGSD Penjas Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas negeri Yogyakarta tahun akademik 2009/2010 yang belum lulus mata kuliah dasar gerak renang pada semester tiga dengan jumlah 27 mahasiswa. Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa pada mahasiswa S1 PGSD Penjas FIK UNY tahun akademik 2009/2010 faktor yang paling menghambat dalam pembelajaran mata kuliah dasar gerak renang yaitu faktor internal. Artinya tingkat kesulitan yang paling mempengaruhi dalam pembelajaran mata kuliah yaitu faktor internal. Secara rinci dapat didefinisikan pada faktor internal diperoleh hasil 64,48% yang terdiri dari 2 indikator yaitu fisik dan psikis, fisik yaitu sebanyak 78,85% sedangkan psikis sebanyak 21,14%. Pada faktor eksternal diperoleh hasil sebanyak 35,51%, yang terdiri dari 20,96% untuk dosen, 30,40% untuk kualitas pembelajaran, 20,64% untuk instrumen / fasilitas, dan 28% untuk lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 20 Apr 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 21:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17042

Actions (login required)

View Item View Item