EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK PADA MATA PELAJARAN DASAR KEKRIYAAN DI KELAS X TEKSTIL A SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Sartono, Dedy (2014) EFEKTIVITAS PEMANFAATAN VIDEO PEMBELAJARAN GAMBAR BENTUK PADA MATA PELAJARAN DASAR KEKRIYAAN DI KELAS X TEKSTIL A SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dedy Sartono 10207241014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1. Pengelolaan video pembelajaran dalam upaya meningkatkan partisipasi aktif serta peningkatan kreativitas peserta didik. 2. Hambatan apa saja dalam penggunaan video pembelajaran. 3. Hasil dari pembelajaran menggunakan video pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Kekriyaan di kelas X Tekstil A SMKN 5 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model spriral yang terdiri dari empat tindakan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Tekstil A SMK Negeri 5 Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan cara deskriptif baik yang bersifat kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: 1. Proses penerapan video pembelajaran yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tahap perencanaan yang terdiri dari penyiapan rencana proses pembelajaran dengan RPP dan media video. Tindakan yaitu dalam proses pembelajaran peneliti menampilkan media video dilanjutkan dengan ceramah. Pengamatan yaitu mencatat kejadian saat pembelajaran berlangsung dan refleksi pada setiap akhir proses pembelajaran oleh peneliti dan kolaborator. 2. Hambatan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu hambatan substantif dan teknis. Hambatan substantif adalah kendala inti atau pokok yang terkait dengan penerapan video pembelajaran yaitu pada kesiapan guru dalam pemakaian media video pembelajaran, sedangkan hambatan teknis adalah kendala kecil yang terkait dengan kendala saat penerapan video pembelajaran yaitu terletak pada kelengkapan fasilitas pendukung penggunaan media video. 3. Hasil belajar siswa terdiri dari hasil proses dan karya. Hasil proses yaitu meningkatnya kreativitas siswa dalam berkarya dan pada hasil karya siswa yang ditunjukan dalam bentuk skor akumulasi siklus I menunjukkan skor 74,5 dan meningkat pada siklus II dengan skor 82,1 dengan demikian menunjukkan ketercapaian tujuan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: efektifitas pemanfaatan video, mata pelajaran dasar kekriyaan
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: ?? fbs_kriya ??
Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 04:42
Last Modified: 20 Sep 2023 01:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17036

Actions (login required)

View Item View Item