PENGEMBANGAN PERMAINAN “CHEMIST ACADEMY” BERBASIS MOBILE GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKSPERIMEN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Rukmana, Devi Septi (2013) PENGEMBANGAN PERMAINAN “CHEMIST ACADEMY” BERBASIS MOBILE GAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKSPERIMEN MANDIRI PESERTA DIDIK SMA/MA KELAS XI SEMESTER I POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN PERMAINAN.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) Untuk mengembangkan permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game sebagai media pembelajaran metode eksperimen mandiri peserta didik SMA/MA kelas XI semester 1 pokok bahasan laju reaksi, (2) untuk mengetahui kualitas permaianan “Chemist Academy” berbasis mobile game sebagai media pembelajaran metode eksperimen mandiri peserta didik SMA/MA kelas XI semester 1 pokok bahasan laju reaksi, (3) untuk mengetahui ketertarikan peserta didik terhadap permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game sebagai media pembelajaran metode eksperimen mandiri peserta didik SMA/MA kelas XI semester 1 pokok bahasan laju reaksi. Model pengembangan yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran yang berupa permainan “Chemist Academy” berbasis mobile game, mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Produk awal mobile game “Chemist Academy” ditinjau oleh satu orang dosen sebagai ahli materi dan ahli media dan tiga orang peer reviewer yang memberikan masukan dan saran untuk merevisi produk ini. Produk mobile game “Chemist Academy” hasil revisi dinilai oleh lima orang guru kimia SMA/MA selaku reviewer.Penilaian kualitas mobile game “Chemist Academy” ini menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang mencakup 5 aspek penilaian, yaitu (1) aspek materi dan soal, (2) kebahasaan, (3) keterlaksanaan, (4) tampilan audio visual, dan (5) rekayasa perangkat lunak. Hasil penelitian pengembangan ini adalah mobile game “Chemist Academy” yang terdiri dari empat game. Mobile game ini memiliki kualitas Baik (B) dengan skor rata-rata 103,8, sehingga mobile game “Chemist Academy” ini layak dijadikan sebagai sumber belajar mandiri bagi peserta didik SMA/MA. Kata kunci: penelitian pengembangan, mobile game, laju reaksi, sumber belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 20 Apr 2015 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 21:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17035

Actions (login required)

View Item View Item