KEEFEKTIFAN TEKNIK THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA)DENGAN MEDIA FOTO JURNALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL

Triana, Zeni (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK THE POWER OF TWO (KEKUATAN BERDUA)DENGAN MEDIA FOTO JURNALISTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Zeni Triana 10201244059.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis karangan argumentasi antara kelompok siswa kelas X SMA Negeri 1 Pleret yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik, dan (2) membuktikan keefektifan penggunaan Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pleret. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Postest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XB, XC, XD dengan jumlah 77 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan Teknik cluster random sampling. Berdasarkan pengundian, siswa kelas XB SMA Negeri 1 Pleret ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XD SMA Negeri 1 Pleret ditetapkan sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS seri 16.0. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai t hitung sebesar -7,350 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05), nilai p tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%). (2) Teknik The Power of Two (Kekuatan Berdua) dengan Media Foto Jurnalistik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Pleret. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t prates dan pascates keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai -15,514 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05), nilai p tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, Teknik The Power of Two, media foto jurnalistik, menulis argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 02:26
Last Modified: 29 Jan 2019 21:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17031

Actions (login required)

View Item View Item