KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA NOVEL DAN KEBIASAAN MENYIMAK KOMEDI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS X SMA SEKECAMATAN WATES

Utami, Wahyu Nur (2014) KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA NOVEL DAN KEBIASAAN MENYIMAK KOMEDI DENGAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS X SMA SEKECAMATAN WATES. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wahyu Nur Utami 09201241065.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada tidaknya korelasi antara kebiasaan membaca novel dengan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates, (2) mengetahui ada tidaknya korelasi antara kebiasaan menyimak komedi dengan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates, dan (3) mengetahui ada tidaknya korelasi antara kebiasaan membaca novel dan kebiasaan menyimak komedi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates dengan jumlah siswa 447. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengkategorisasikan SMA se-Kecamatan Wates dan menentukan sekolah sampel. Sampel penelitian ini adalah SMAN 1 Wates, SMAS Muhammadiyah Wates, dan SMAS Ma‟arif Wates dengan jumlah sampel 226 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan komputer program SPSS 16. Berdasarkan analisis data ada tiga kesimpulan yang dapat diambil. Pertama, ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca novel dengan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates. Hal ini ditunjukan dengan hasil analisis korelasi Product Moment sebesar 0,187 pada taraf signifikansi 5%. Kedua, tidak ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan menyimak komedi dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates. Ini ditunjukkan dengan hasil analisis korelasi Product Moment hanya sebesar 0,084 sedangkan taraf signifikansinya pada 21%. Ketiga, ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca novel dan kebiasaan menyimak komedi secara bersama-sama dengan keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan analisis korelasi Product Moment sebesar 0,212 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi 4,5%. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat kebiasaan membaca novel dan menyimak komedi, akan semakin tinggi keterampilan menulis narasi siswa kelas X SMA se-Kecamatan Wates.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, novel, kebiasaan menyimak, komedi, keterampilan menulis narasi, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 02:21
Last Modified: 29 Jan 2019 21:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item