HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUSAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SEKABUPATEN BANTUL

Janah, Nisa Miftakhul (2014) HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUSAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI SEKABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nisa Miftakhul Janah 10201244072.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan minat baca dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, 2) mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dan 3) mengetahui hubungan minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul. Populasi dalam penelitian ini adalah 19 sekolah dengan jumlah 3220 siswa. Sampel penelitian diambil 10% sehingga didapat sampel sebesar 325 siswa. Teknik penyampelan yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan tes tulis. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulakan: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,585 dan nilai rhitung lebih besar dari rtabel dengan N= 325 pada taraf kesalahan 5% (0,585 > 0,113) yang berarti bahwa semakin tinggi minat baca siswa maka akan semakin tinggi pula kemampuan menulis teks eksposisi, 2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang dibuktikan dengan koefisiensi korelasi (rx1y) sebesar 0,559 dan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel dengan N= 325 pada taraf kesalahan 5% (0,559 > 0,113) yang berarti bahwa semakin tinggi penguasaan kosakata maka akan semakin tinggi pula kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul, dan 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri se-Kabupaten Bantul yang ditunjukkan dengan nilai Ry (1,2) sebesar 0,736 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,541. R Square menunjukkan hubungan yang positif antara minat baca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis teks eksposisi sebesar 0,541 atau 54,1%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: minat baca, penguasaan kosakata, kemampuan menulis teks eksposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 02:01
Last Modified: 29 Jan 2019 21:23
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item View Item