KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT APRESIASI SENI TARI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP N 3 GODEAN

Andika Kusumaningrum, Dika (2015) KORELASI ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN TINGKAT APRESIASI SENI TARI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VIII SMP N 3 GODEAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ANDIKA KUSUMANINGRUM_11209241002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji adanya korelasi antara motivasi belajar dan tingkat apresiasi seni tari dengan prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII SMP N 3 Godean. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Godean. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi. Variabel bebas yaitu motivasi belajar siswa dan apresiasi seni, sedangkan variabel terikat yaitu prestasi siswa. Uji validitas instrument dilakukan dengan teknik korelasi item menggunakan Product Moment dari Person dan uji realibilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Crounbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment dari pearson dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan sebagai : (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII A dan B di SMP N 3 Godean Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan hasil r hitung 0,99 lebih besar dari harga koefisien korelasi pada r tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N = 64 adalah 0,242, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara apresiasi seni terhadap prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII A dan B di SMP N 3 Godean Tahun Ajaran 2014/2015. Hal ini dibuktikan dengan hasil r hitung 0,10 lebih besar dari harga koefisien korelasi pada r tabel dengan taraf signifikansi 5% dan N = 64 adalah 0,242, (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan apresiasi seni secara bersama-sama terhadap prestasi belajar seni tari siswa kelas VIII A dan B di SMP N 3 Godean Tahun Ajaran 2014/2015. Hasil dari motivasi belajar dan apresiasi seni siswa terhadap prestasi belajar berpengaruh positif secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi ganda yang dalam penghitunganya menggunakan program SPSS versi 17 For Windows dengan menggunakan analisis regresi ganda diperoleh koefisien determinasi (R²) sebesar 0,014 dan nilai F sebesar 0,430. Kata Kunci: korelasi, motivasi belajar, tingkat apresiasi seni tari, prestasi belajar seni

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: korelasi, motivasi belajar, tingkat apresiasi seni tari, prestasi belajar seni tari, siswa SMP N 3 Godean
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17022

Actions (login required)

View Item View Item