PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 WATES DENGAN METODE 6 M

Irawati, Fajar (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 WATES DENGAN METODE 6 M. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fajar Irawati 10201241026.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran, sikap peserta didik, dan hasil pembelajaran menulis puisi dengan metode 6 M pada peserta didik kelas VII Α SMP Negeri 1 Wates. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian yang terdiri dari 29 peserta didik. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data hasil pengamatan diperoleh melalui tes, pengamatan, analisis dokumen, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi foto, dan angket.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif melalui teknik statistik deskriptif. Analisis kualitatif digunakan untuk data kualitatif yang berupa hasil wawancara, catatan lapangan, dokumentasi tugas peserta didik. Teknik statistik deskriptif digunakan untuk data kuantitatif yang diperoleh dari hasil pengamatan, pengisian angket, dan hasil penilaian menulis puisi peserta didik sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode 6M dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dan motivasi dalam pembelajaran menulis puisi peserta didik. Peningkatan kemampuan menulis puisi peserta didik terlihat dari kualitas proses, sikap positif, serta hasil pembelajaran peserta didik selama kegiatan pembelajaran menulis puisi berlangsung. Adapun peningkatan proses dan sikap positif peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ditunjukkan dengan keaktifan, minat, motivasi, keantusiasan dan keseriusan peserta didik yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Peningkatan hasil ditandai dengan meningkatnya kualitas puisi peserta didik. Hal ini ditunjukkan dengan skor menulis puisi peserta didik pada pratindakan adalah 19,08, siklus I 22,42, dan siklus II 26,43. Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui terdapat peningkatan dari tahap pratindakan menuju siklus I sebesar 3,34, kemudian pada siklus I menuju siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 4,01. Dengan demikian, kemampuan menulis puisi peserta didik telah mengalami peningkatan baik proses, sikap positif, maupun hasil setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan metode 6M.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, kemampuan menulis puisi, metode 6M
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 01:48
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17020

Actions (login required)

View Item View Item