KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR-BERBICARA-MENULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS

Berliani, Ekivia Loveni (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI BERPIKIR-BERBICARA-MENULIS DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 SOMAGEDE KABUPATEN BANYUMAS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ekivia Loveni Berliani 10201244022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek antara kelompok peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis dan kelompok peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan strategi berpikir-berbicara-menulis dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Somagede Kabupaten Banyumas. Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Variabel dalam penelitain ini ada dua, yaitu (1) variabel bebas berupa strategi berpikir-berbicara-menulis dan (2) variabel terikat berupa keterampilan menulis teks cerita pendek. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Somagede Kabupaten Banyumas, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas dengan pembagian satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen. Sampel diperoleh dengan cara mengundi, dari hasil pengundian diperoleh, kelas VII C dengan 32 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dengan 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu prates dan pascates. Validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (expert judgement). Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t yang kemudian dilanjutkan dengan uji scheffe. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa skor thitung sebesar 7,139 dengan db 62 dan p sebesar 0,000. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050). Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan keterampilan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis dan yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis. Hasil perhitungan uji scheffe, diperoleh skor Fhitung (Fh) sebesar 50,971 dengan df 62 dan p sebesar 0,00, skor tersebut dikonsultasikan dengan skor Ftabel. Skor Ftabel sebesar 7, 07. Dengan demikian skor Fhitung lebih besar daripada skor Ftabel (Fh 50,971 > Ft 7, 07). Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menulis teks cerita pendek menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan menulis teks cerita pendek tanpa menggunakan strategi berpikir-berbicara-menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi berpikir-berbicara-menulis, pembelajaran, menulis cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 20 Apr 2015 01:45
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17019

Actions (login required)

View Item View Item