PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Pamungkas Restu Ragil, Restu (2013) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Oleh: Restu Ragil Pamungkas NIM: 09403241042 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, (2) pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, (3) pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Lingkungan Keluarga secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 69 siswa. Data pada penelitian ini diambil dengan metode angket dan tes. Uji coba instrumen untuk mengetahui validitas, reliabilitas, kesukaran dan daya beda instrumen penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Uji prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Uji hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi satu-prediktor untuk hipotesis 1, dan 2. serta analisis regresi dua-prediktor untuk hipotesis 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan r(x1y)= 0,702; r2x1y= 0,492; t hitung 8,061 lebih besar dari ttabel=1,671, dengan koefisien beta 0,857 dan signifikansi 0,000. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan r(x2y)= 0,791; r2x1y= 0,626;serta t hitung10,589 lebih besar dari ttabel=1,671, dengan koefisien beta 0,658 dan signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kedisiplinan Siswa dan Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dengan R sebesar 0,832, R2 sebesar 0,693 serta harga F hitung sebesar 74,391 > Ftabel 3,13.Koefisien beta masing-masing variabel adalah 0,408 dan 0,482, konstanta 38,522, signifikansi 0,000, dan persamaan garis regresi Y= 0,408 X1+0,482 X2+ 38,522. Sumbangan relatif Kedisiplinan Belajar sebesar 39,72% dan Lingkungan Keluarga sebesar 60,28%, sumbangan efektif Kedisiplinan Belajar adalah 27,52%, dan Lingkungan Keluarga adalah 41,78%. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Kedisiplinan Belajar, Lingkungan Keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item