MINAT SISWA KELAS IX SMP N 2 GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Purnomo, Purno (2013) MINAT SISWA KELAS IX SMP N 2 GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

MINAT SISWA KELAS IX SMP N 2 GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA Oleh PURNOMO NIM 08404244010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: minat siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno untuk melanjutkan studi ke SMK, perbedaan minat siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno untuk melanjutkan studi ke SMK ditinjau dari jenis kelamin, status sosial ekonomi orang tua serta prestasi belajar dan alasan apa yang mendorong minat siswa kelas IX SMP N 2 Gantiwarno untuk melanjutkan studi ke SMK. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari tahun 2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno dengan jumlah 209 siswa dan jumlah sampel yang digunakan adalah 127 siswa dengan menggunakan teknik Propotional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Minat siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno untuk melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan dalam kategori tinggi sebesar 52%, (2) Hasil uji beda minat siswa melanjutkan studi ke SMK ditinjau dari jenis kelamin, status sosial ekonomi orang tua dan prestasi belajar diperoleh: (a) Ada perbedaan minat siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno untuk melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan ditinjau dari jenis kelamin, yang ditunjukkan nilai Chi Square hitung 6,439 dan nilai uji signifikasi sebesar 0,011, (b) Tidak terdapat perbedaan minat melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno ditinjau dari status sosial ekonomi orang tua, yang ditunjukkan nilai Chi Square hitung 3,418 dan nilai uji signifikasi sebesar 0,064, (c) Tidak terdapat perbedaan minat melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan siswa kelas IX SMP Negeri 2 Gantiwarno ditinjau dari prestasi belajar, yang ditunjukkan nilai Chi Square hitung 0,013 dan nilai uji signifikasi sebesar 0,910, (3) Alasan yang mendorong minat siswa untuk melanjutkan studi ke Sekolah Menengah Kejuruan yaitu: setelah lulus bisa langsung kerja, jurusan sesuai dengan minat, setelah lulus dari SMK bisa kuliah/bekerja, pelajaran tidak hanya teori tetapi ada prakteknya, dan keinginan diri sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16998

Actions (login required)

View Item View Item