PENGEMBANGAN ECONOMIC GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013

Salaminasih, Asih (2013) PENGEMBANGAN ECONOMIC GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Salaminasih_Skripsi_Pengembangan Economic Game.pdf

Download (22MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN ECONOMIC GAME DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2012/2013 Disusun oleh: Salaminasih 09404241018 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan economic game, kelayakan economic game, perbedaan rata-rata motivasi belajar antara siswa yang menggunakan economic game dengan media konvensional, dan perbedaan rata-rata disiplin belajar antara siswa yang menggunakan economic game dengan media konvensional. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan di SMA N 1 Mlati antara Bulan April 2013 sampai dengan Juni 2013. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji efektivitas media didesain menggunakan model eksperimen (control group post-test only design). Pengujian data menggunakan independent t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prosedur pengembangan media ini melalui beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi atau mengumpulkan materi yang akan dikembangkan, mendesain media, produksi media, dan evaluasi media. Economic game layak digunakan, terbukti dari penilaian ahli media, ahli materi dan uji coba lapangan dalam kategori baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata motivasi belajar antara siswa yang menggunakan economic game dengan media konvensional dimana rata-rata motivasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, terbukti dari nilai t hitung sebesar 5,396 dengan sig (1-tailed) 0,000 < 0,05 serta rata-rata motivasi kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 66,66 > 57,97. Selain itu, terdapat pula perbedaan rata-rata disiplin belajar antara siswa yang menggunakan economic game dengan media konvensional dimana kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, terbukti dari nilai t hitung sebesar 4,973 dengan sig (1- tailed) 0,000 < 0,05 serta rata-rata disiplin kelas eksperimen > kelas kontrol yaitu 55,16 > 49,31. Kata kunci: Economic Game, Motivasi Belajar, dan Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 21 Apr 2015 00:17
Last Modified: 29 Jan 2019 21:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item